
Namun siapa sangka ternyata penemu aspal adalah
seorang ilmuwan muslim yang bernama Haly Abbas. Itulah nama panggilan Ali Ibnu
Abbas Al-Majusi di Barat. Dokter dan psikolog Muslim ini turut berjasa dalam
mengembangkan teknologi pengolahan aspal menjadi minyak. Ilmuwan dari Persia
itu cukup dikenal di Barat lewat buah pikirnya yang berjudul Kitab Al-Maliki
serta Kitab Kamil as-Sina'a at-Tibbiyya (Complete Book of the Medical Art).
Buku teks kedokteran dan psikologi yang ditulisnya itu sangat berpengaruh di
Barat.
Haly Abbas. Itulah nama panggilan Ali Ibnu Abbas
Al-Majusi di Barat. Dokter dan psikolog Muslim ini turut berjasa dalam
mengembangkan teknologi pengolahan aspal menjadi minyak. Ilmuwan dari Persia
itu cukup dikenal di Barat lewat buah pikirnya yang berjudul Kitab Al-Maliki
serta Kitab Kamil as-Sina'a at-Tibbiyya (Complete Book of the Medical Art).
Buku teks kedokteran dan psikologi yang ditulisnya itu sangat berpengaruh di
Barat.
Berabad kemudian setelah jaman Babilonia, barulah
ilmuwan barat bernama Sir Walter Raleigh menuliskan dalam catatannya (tahun
1595) tentang penemuan deposit lake asphalt di Trinidad, dekat pantai
Venezuela. Dia menggunakan aspal tersebut sebagai pelapis dinding kapalnya.
kemudian pada tahun 1717 Seorang insinyur Inggris yang bernama John Metcalf
membangun jaringan jalan di Yorkshire dengan total panjang hampir 300 km.
Sampai tahun 1900an, hampir seluruh aspal yang
digunakan berasal dari aspal alam Trinidad. Di sisi lain, mulai banyaknya
penemuan sumur-sumur minyak bumi membuat perkembangan kilang (refinery) semakin
banyak dan meluas. Dari pengoperasian kilang ternyata juga dihasilkan aspal.
Akhirnya, pada tahun 1907 aspal yang dihasilkan dari kilang telah menggeser
penggunaan aspal alam Trinidad, karena aspal kilang lebih murah harganya.
Begitulah sejarah singkat penemuan aspal dan ternyata
kita sebagai Muslim patut berbangga bahwa Ali Ibnu Abbas Al-Majusi ada
orang yang paling berjasa adanya jalan aspal di depan rumah kita. he he he
ASAL USUL ASPAL
Reviewed by Unknown
on
9:00 AM
Rating:

No comments: