ASAL USUL KANCING BAJU


Kancing baju adalah sebuah benda kecil yang berfungsi untuk mengait pembatas antar baju namun Tahukah kita bahwa sejarah kancing baju sangat panjang kancing baju pertama sekali ditemukan 1000 tahun yang lalu setelah masehi jangan dibayangkan bahwa kancing baju saat itu berbentuk bulat seperti sekarang ini namun kancing baju dahulu kala adalah berbentuk runcing yang berfungsi untuk mengait baju-baju yang digunakan dari kulit hewan umumnya kancing baju tersebut dibuat dari tulang ataupun patahan kayu yang dianggap cukup kuat untuk mengaitkan 2 pembatas baju.

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan kancing baju berangsur-angsur berubah menjadi bulat. Dahulunya bulatannya bukan seperti sekarang kancing baju dulu lebih besar daripada sekarang. Kancing baju merupakan sesuatu benda yang unik dan mahal saat itu karena tidak semua orang mampu membuat kancing baju yang bagus. Tetapi sejak terjadinya Revolusi di Inggris maka kancing baju sudah bisa diciptakan secara massal sehingga membuat biaya pembuatannya menjadi murah dan semua orang memiliki baju yang memiliki kancing baju berbentuk bulat.

Karena Kaisar mereka sendiri tidak pernah menggunakan kancing bajuChina sebagai salah satu kerajaan yang sangat konservatif saat itu tidak mau menggunakan kancing baju karena dianggap bertentangan dengan budaya merekaBeberapa negara yang masih menggunakan kancing baju berbentuk panjang ataupun runcing adalah Cina tetapi mereka memiliki benda yang menyerupai fungsinya seperti kancing baju.

kancing baju mulai populer di kalangan bangsa Eropa khususnya kaum bangsawan. Hingga ini lah menjadi awal mula adanya perbedaan penempatan lubang kancing baju antara baju pria dan wanita.

Awalnya lubang kancing pria atau wanita berada di sebelah kanan, namun pada pertengahan abad para pria melakukan adu senjata dengan pakaian perang dimana lubang kancing sebelah kanan dan saat mereka akan mengambil pedang yang ada di pinggang sebelah kanan mereka harus terlebih dahulu membuka kancing baju. Agar lebih efisien dan tepat penempatan lubang kancing pria pun di pindahkan menjadi sebelah kiri, tangan kiri membuka kancing dan tangan kanan mengambil pedang.

Begitulah sejarah panjang yang dilalui oleh kancing baju yang mana kita gunakan hingga sekarang ini dan kancing baju ini merupakan salah satu benda yang mampu bertahan dari segala hantaman teknologi buktinya semahal atau secanggih apapun baju yang sobat pakai pasti kancing baju yang masih bulat dan kecil sama seperti dulu….

ASAL USUL KANCING BAJU ASAL USUL KANCING BAJU Reviewed by Unknown on 8:30 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.