ASAL USUL SANDAL JEPIT

Mengenai barang yang satu ini, sudah pasti semua orang tahu. apa lagi barang yang satu ini rentan sekali dengan kehilangan. Sandal jepit atau lebih dikenal dengan sebutan silop jepang. dan sekedar info dari sebuah detektif penelitian yang kurang kerjaan pernah melakukan penelitian besar-besaran mengenai sandal jepit ini. Dan hasilnya 70 % orang pernah kehilangan benda yang satu ini.

Seiring dengan berkembangnya teknologi sandal jepit juga mengalami perkembangan yang petat yaitu dengan hadirnya berbagai jenis sandal jepit dengan motif dan warna yang unik, Namun demikian sandal jepit dengan bentuk lawas atau Silop Jepang masih menjadi andalan para seles sandal jepit.

Dari beberapa catatan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan tentang asal-usul munculnya sandal jepit disebutkan bawah catatan sejarah sandal jepit sudah dikenal sejak dinasti Ching sampai ke revolusi Industri  Inggris namun beberapa bukti kuat menunjukkan bahwa sandal jepit baru diciptakan saat manusia sudah mengenal karet yaitu pada tahun 1770.

Hal yang paling unik adalah orang Aceh menyebut sandal jepit dengan nama Silok Jepang padahal tidak ada hubungan sama sekali antara sandal jepit dengan Jepang.  Hal ini terbukti bahwa perusahaan pertama yang membuat sandal jepit di Indonesia  bernama PT. Garuda Mas Perkasa baru beroperasi dan memproduksi sandal jepit/Silop Jepang pada tahun 1984 sedangkan Jepang sudah meninggalkan Aceh sejak tahun 1945. dimana hubungan antara sandal jepit dan Jepang dan mengapa orang Aceh menyebut sandal jepit dengan nama Silop Jepang. Mungkin para ahli ataupun orang-orang jenius di Aceh bisa menjadikan materi ini sebuah disertasi dengan judul “Bagaimana hubungan sandal jepit dengan silop Jepang”, ataupun bisa dibuat sebuah seminar internasional dengan mengundang ahli bahasa dari Jepang untuk menjawab hubungan Mengapa orang Aceh menyebut sandal jepit sebagai cilok Jepang sehingga kita mendapat titik terang dari permasalahan ini.

Namun berdasarkan hubungan history dan sejarah dapat disimpulkan bahwa orang Aceh mengenal sandal jepit pertama sekali dari penduduk Malaysia karena di Malaysia sandal jepit disebut dengan nama selipar jepun, sehingga saat sampai ke Aceh sandal tersebut berubah nama menjadi Silop Jepang. Jika dilihat dari tatanan bahasa ada hubungan penyebutan jepun dan Jepang yang memiliki arti yang sama baik dalam bahasa Malaysia maupun bahasa Aceh.

Ternyata memakai sandal jepit juga membawa beberapa manfaat positif bagi kesehatan salah satunya mengurangi jamur pada kulit serta mencegah timbulnya cemekam. Sehingga sandal jepit sudah menjadi barang yang sangat lazim untuk situasi santai.




ASAL USUL SANDAL JEPIT ASAL USUL SANDAL JEPIT Reviewed by Unknown on 9:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.