BERBAKTI KEPADA IBU DAN AYAH

 ALLAH SWT berfirman:
*وَوَصَّيْنَا الْاِنْسٰنَ بِوَالِدَيْهِ ۚ  حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِـوَالِدَيْكَ ۗ  اِلَيَّ الْمَصِيْرُ*

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu."
 
Sejak awal kita hadir di dunia ini *Allah telah memberikan pada kita sepasang manusia penuh kasih dan sayang* yang tanpa pamrih mengasuh sekaligus membesarkan kita. Sepasang manusia ini rela melakukan apapun demi keberlangsungan hidup kita. Sepasang manusia ini adalah orang tua kita. Ayah dan ibu.
 
Dalam beberapa surat  pada Qur'an Suci, ALLAH SWT menyinggung tentang pentingnya *berbakti pada orang tua.* Salah satunya ayat yang  termaktub dalam surat Luqman ayat ke 14 :
“Dan kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kamu kembali.”

Ayat di atas tegas berbicara kepada kita sebagai anak harus berbuat baik dan berbakti pada orang tua kita. Pengorbanan yang ayah dan ibu kita dalam membesarkan anaknya tidak akan bisa terbalaskan dengan apapun kecuali surga.
 Salah satu amalan kita memberi jalan ke surga kepada orang tua adalah dengan *mentaati perintah Allah dan Rasul-Nya serta berbakti pada kedua orang tua kita.*

Dalam suatu riwayat dikatakan, pernah suatu ketika seorang sahabat menghampiri _Rasulullah SAW dan bertanya:_

_*“Ya Rasulullah, siapakah yang paling berhak untuk mendapat pelayanan dan persahabatanku?"*_

_Rasulullah menjawab:_

"Ibumu”_

 _Kemudian sahabat itu bertanya lagi,_ *_Kemudian siapa ya Rasulullah?”

_Rasulullah saw menjawab:_*_“Ibumu”_*

_Kemudian sahabat bertanya untuk ketiga kalinya dengan pertanyaan yang sama dan Rasulullah menjawab:_ *_“Ibumu kemudian Ayahmu.”_*

 Peristiwa itu menjelaskan pada kita tentang *betapa tingginya agama Islam memandang peran seorang ibu.* Berbakti pada ibu hukumnya adalah *wajib.* Jangan sekalli-kali kita meremehkan, memandang rendah. Dalam Al-Quran Allah melarang keras kepada kita untuk menggerutu dihadapannya.

Hal ini termatub dalam surat Al-Isra ayat 23:
 Dan tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka jangan sekali-kali mengatakan  *Ah* dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik"

Semoga kita bisa terus berbakti pada Ibu dan bapak sehingga darinya, kita mengharapkan mendapatkan ridho ALLAH SWT, sebagaimana yang tertuang dalam hadist juga bahwasanya _ridho ALLAH SWT itu tergantung kepada ridho orang tua.



BERBAKTI KEPADA IBU DAN AYAH BERBAKTI KEPADA IBU DAN AYAH Reviewed by Unknown on 8:25 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.