KEUTAMAAN ISTIGHFAR DALAM KESEHARIAN

Mengucapkan istighfar dengan penghayatan dan kesungguhan tentu memiliki keutamaan. Amalan istighfar adalah salah satu amalan yang sangat diperintahkan oleh Allah SWT agar umat islam memahami sifat Allah Yang Maha Pengampun. Berikut adalah keutamaan dari mengucapkan dan mengamalkan kalimat istighfar dalam keseharian.

ISTIGHFAR Mengingat ALLAH SWT

Manusia sering kali lalai dan hilaf akan Allah SWT yang mengatur dan menguasai segala-galanya.
Dengan berzikir kita lebih akan memahami dan menghyaati bahwa Allah Maha Pengampun dan dengan ampunannya kita bisa selamat di dunia dan akhirat. Tanpa Allah berikan ampunan maka manusia bisa masuk pada kesesatan dan jurang kesengsaraan khususnya kelak di akhirat.

Ampunan Allah tentu hanya akan diberikan oleh Allah kepada hambanya yang taat dan muslim. Sedangkan orang-orang yang tidak taat dan musyrik tentu tidak akan diampuni oleh Allah karena tidak menganggap Allah sebagai Tuhan dan diikuti aturannya.

Hal ini disampaikan dalam Ayat berikut :
“Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat (nya), sesudah jelasbagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghunineraka jahanam.

Dan permintaan ampun dari Ibrahim (kepada ALLAH SWT) untuk bapaknya tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya itu. Maka, tatkala jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya itu adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diri dari padanya. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun
 (QS Attaubah : 113-114)

KEUTAMAAN ISTIGHFAR DALAM KESEHARIAN KEUTAMAAN ISTIGHFAR DALAM KESEHARIAN Reviewed by Unknown on 7:16 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.