INSAN PEMAAF

Sudah menjadi sunnatullah bahwa keindahan hidup ini, salah satu sumbernya ialah fenomena berpasangan. Yaitu bukan hanya pria yang berpasangan dengan wanita, jantan berpasangan dengan betina, tapi langit berpasangan dengan bumi, matahari berpasangan dengan bulan, siang dengan malam, bahkan arus positif berpasangan dengan arus negatif.

Disisi lain, cinta berpasangan dengan benci, bahagia berpasangan dengan sedih dst. Pasangan-pasangan kontradiktif itulah yang menjadikan hidup ini indah. Kita tidak akan pernah merasakan nikmat kesehatan jika sekiranya tidak ada penyakit, tidak ada orang yang sakit. Kita tidak merasakan nikmatnya kedamaian jika sekiranya tidak ada kekacauan.

Dengan berfikir positif seperti ini, kita akan menerima gesekan-gesekan hidup ini  menggairahkan, memotivasi dan mengarahkan hidup ini agar kita senantiasa berada di jalan ALLAH SWT

Cara berfikir seperti inilah yang akan membuat kita menjadi orang yang ramah, pemaaf, dan pendamai.

Memberi maaf atas kesalahan orang lain, jauh lebih baik daripada pihak yang meminta maaf.

Untuk memaafkan kesalahan orang lain, diperlukan :

1.  Besarnya rasa cinta dan kasih sayang kepada orang lain.

2. Menyadari bahwa kita juga memiliki kekurangan dan kekhilafan, dan kita pun menuntut untuk dipahami, dimaklumi, dan dimaafkan, jika pada posisi yang keliru.

3. Meyakini bahwa sifat pemaaf itu membahagiakan dan sifat pemarah dan pendendam itu menyusahkan.

4. Meyakini bahwa memberi pemaaf itu (walaupun berat),  adalah  jalan yang benar untuk memperkuat kepribadian, kedewasaan diri, dan menjadikan kita sebagai orang yang lebih bijak.

5. Meyakini bahwa sifar pemaaf itu, cara efektif untuk meraih Maghfirah / Ampunan dari Allah Subhanallahu Wa Taala

Allah berfirman:
اِنْ تُبْدْوْاخَيْرًااَوْ تُخْفُوْهُ اَوْ تَغْفُوْا عَنْ سُٓوْءِ فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَفُوَّا قَدِيْرًا
Jika kamu menyatakan sesuatu kebajikan, menyembunyikannya, atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sungguh, Allah Maha-pemaaf, Maha-kuasa. ( QS. 4 : 149 ).


Penulis : Mulia Mulyadi
INSAN PEMAAF INSAN PEMAAF Reviewed by Unknown on 8:25 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.