JAUHI LAH SIFAT DENGKI


Dalam sebuah hadist,
 وَعَنْ أَبِي هُرَيرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ النبيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ :
إِيَّاكُمْ وَالحَسَدَ، فَإنَّ الحَسَدَ يَأكُلُ الحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النًارُ الحَطَبَ،
أَوْ قَالَ :
العُشْبَ .
رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ
 
Dari Abu Hurairah ra. yang berkata bahwa Nabi saw. bersabda:
Jauhilah oleh kalian sifat dengki, karena sesungguhnya  dengki itu dapat memakan kebaikan sebagaimana api melalap kayu bakar
 (HR. Abu Daud).

Dengki itu adalah salah satu penyakit hati. Dengki itu muncul sesaat dalam hati ini tumbuh rasa iri hati.Tidak rela melihat  keberhasilan orang lain, tidak senang melihat tetangganya membeli mobil, perabot rumah diganti baru, atau merenovasi rumahnya menjadi lebih indah besar, dan sebagainya.
Di kalangan mahasiswa atau pelajar juga bisa timbul di hatinya kedengkian melihat temannya mendapat penghargaan karena prestasinya menanjak, dan sebagainya.

Kedengkian akan memunculkan kebencian, putus silaturrahmi, enggan bertegur sapa, padahal rumah tinggalnya berdampingan. Mendengar suaranya saja tak mau, apalagi nama orang yang dibencinya itu dipuji kebaikan oleh masyarakat.
Islam datang melarang orang yang membiarkan rasa dengki dan iri itu tumbuh dan bercokol di dalam hati.

ALLAH SWT berfirman:

أَمْ يَحْسُدُونَ ٱلنَّاسَ عَلَىٰ مَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ ۖ فَقَدْ ءَاتَيْنَآ ءَالَ إِبْرَٰهِيمَ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَءَاتَيْنَٰهُم مُّلْكًا عَظِيمًا

Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya ? Sesungguhnya Kami telah memberikan Kitab dan Hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan Kami telah memberikan kepadanya kerajaan yang besar.
(QS. 4 : 54).

Dalam sebuah hadist:

وَعَنْ أنسٍ رَضِيَ اللهُ عَنهُ أَنَّ النَّبيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ :
لَا تَبَاغَضُوا، وَلَا تَحَاسَدُوا، وَلاَ تَدَابَرُوا، وَلَا تَقَاطَعُوا، وَكُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إخْوَاناً، وَلَا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أنْ يَهْجُرَ أخَاهُ فَوْقَ ثَلَاثٍ
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Anas ra. yang berkata bahwa NABI MUHAMMAD SAW. bersabda:
Janganlah kalian saling membenci, saling mendengki, saling memalingkan muka, dan saling memutuskan ikatan, dan jadilah kalian sebagai hamba-hamba Allah bersaudara. Tidaklah halal bagi seseorang muslim untuk mengabaikan dan tidak bertegur sapa dengan saudaranya lebih dari tiga hari.
(Muttafaq 'alaih).

Semoga kita bersih dari dengki dan iri dan terhindar dari penyakit hati.
JAUHI LAH SIFAT DENGKI JAUHI LAH SIFAT DENGKI Reviewed by Unknown on 7:20 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.